Rusia Usir Dua Diplomat Swedia

Rusia Usir Dua Diplomat Swedia

ilustrasi bendera Rusia (foto: Upi)

Jakarta, Jurnas.com – Kementerian Luar Negeri Swedia menyebutkan, Rusia telah mengusir dua diplomat Swedia setelah Stockholm menolak visa untuk utusan Rusia

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Swedia Sofia Nahringbauer mengatakan, negaranya sebelumnya telah menolak untuk memperpanjang visa diplomat Rusia dan menolak aplikasi Rusia untuk visa diplomatik.



Rusia telah menanggapi dengan meminta dua diplomat Swedia untuk meninggalkan Rusia, yang kami sesalkan,” kata Sofia dilansir PressTV.

Nahringbauer menolak mengomentari apakah Stockholm akan mengambil tindakan lebih lanjut.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, langkah itu sebagai balasan atas penolakan Swedia untuk memberikan visa.

Tindakan itu terjadi setelah adanya pertengkaran mata-mata antara kedua negara.

Pada bulan Februari, pihak berwenang Swedia menangkap seorang konsultan teknologi Swedia atas dugaan memata-matai untuk Rusia saat ia makan malam di sebuah restoran di Stockholm dengan seorang diplomat Rusia.

Saat itu, dinas keamanan Swedia mengatakan mereka yakin warga Swedia telah “direkrut sebagai agen oleh perwira intelijen Rusia yang menyamar sebagai diplomat di Swedia”.

Diplomat Rusia dilaporkan meninggalkan Swedia setelah ditahan sebentar.

 

TAGS : Diplomat Swedia Rusia

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/52293/Rusia-Usir-Dua-Diplomat-Swedia/

Leave a Reply